Dauztech.blogspot.com

DT

Sabtu, 17 April 2010

antara kita,,tuhan kita,, dan doa kita......


Saya pernah mendengar cerita dari seorang yang sangat bijaksana…
Ceritanya membuat saya merenung… dan berani memikirkan antara saya dan Tuhan saya…Allah…
Begini ceritanya…

Ada seorang alim ulama yg segitu mahir dalam agamanya…biasa kita knal dengan sebutan “kyai”…
Kalo kita denger yang namanya kyai, pasti gk salah lagi di pikiran kita yaitu seorang yg sangat alim, sabar, bijaksana, dan sngat mengerti akan agama. Itu udh pasti.. tp itu emang benar … jd anggapan kita tidak salah..
Nah, Kyai tersebut kebetulan tinggal bersama keluarganya di suatu daerah yang kebetulan juga saat itu sedang dilanda bencana “banjir bandang”!
Tak perlu kita heran, sang kyai tersebut selalu yakin dalam doanya bahwa Tuhan akan memberikan pertolongan kepada dia dan tentu saja keluarganya…mungkin hal itu pun sama layaknya kita lakukan jika kita berada di posisi sang kyai itu.bukankah demikian??
Tapi ternyata, Dengan tak sadar ternyata lagi, semua keluarganya telah ditolong terlebih dahulu oleh tim SAR yang pada saat itu melakukan pertolongan dengan menggunakan perahu karet dan beberapa pelampung untuk membantu korban lainnya agar tetap bisa selamat.
Tapi anehnya,, sang kyai itu…setiap kali ia mau ditolong oleh tim SAR, dia selalu menolak…
Saat banjir itu telah menggenangi separuh tinggi rumahnya…
“Pak Kyai…!! Kami tim SAR yg akan menolong Bapak… ayo pak naik ke perahu kami.. air sudah mulai tinggi Pak..!!”
Pak Kyai itu malah menjawab “Tidak Pak !! saya tidak akan naik perahu karet kalian.. sana tolong saja yg lainnya! Tidak usah risaukan saya.. pasti saya akan ditolong oleh Tuhan saya..!!”
“baiklah kalo itu mau Bapak..”
20 menit kemudian.. saat air telah mulai naik dan lebih tinggi hingga atap genting rumah..sang Kyai itu bergegaslah ia naik ke atap rumah…. Masih hujan deras.. ia tetap berdoa kepada Tuhannya..
Lalu…
“Pak Kyai..!!Lihatlah air sudah mulai sangat meninggi.. apakah Bapak tak sadar kalau satu2nya org yg belum tertolong adalah Bapak..?? ayo pak lekas naik ke helicopter kami… ini saya berikan tambang untuk Bapak pegangi.. ”
“tidak pak! Tidak usah… saya akan tetap menunggu pertolongan dari Tuhan saya..!! jd kalian tidak usah susah payah menolong saya… saya tetap tidak mau..!!“
Hhuufftt.. entah apa yg ada di pikiran Kyai itu tak ada seorang pun yg tau.. tapi sebenarnya saya udah tau… hehehe
Nah lanjuut ya…
Para tim SAR akhirnya meninggalkan Kyai itu di atas genting rumahnya dengan air bandang yg terus bertambah naik…dan merembes ke tubuh sang Kyai itu…
Kemudian beberapa saat kemudian….
“Bapaaaakk…. Dengar saya… ini yg ke-3 kalinya kami menawarkan pertolongan kepada Bapak..Kau tidak akan selamat jika kau tak mau kami tolong dengan helicopter ini… ayo cepat pak tangkap talinya.. dan pegang erat-erat…!! Air sudah hampir menenggelamkan kepala bapak… kau tidak ada waktu lagi untuk menunggu pertolongan yg lain…percaya pada kami pak.. !! “
Blupup…blupup.. blupub… “tid..tid..tidak us..usaah… blupub… saya akan tet..tap menunggu pertolongan dari Tuhan saya… Blubup.. blupub… “
Betapa yakinnya Kyai itu akan pertolongan langsung dari Tuhannya..
Bagaimana menurut Anda tentang perilaku sang Kyai itu…??.... ___
Tahukah Anda..?? apakah yg terjadi setelah 3x pertolongan tim SAR ditolak oleh sang Kyai keras kepala itu..??
Tin SAR meninggalkan Kyai keras kepala itu…Pak Kyai akhirnya meninggal dunia dengan tidak mendapatkan pertolongan apa pun…
………………..
Dalam cerita…
Setelah meninggal, Masuklah Kyai itu ke dalam surga, karena Tuhan tau betapa banyak pahala yang telah ia kumpulkan saat ia hidup di dunia…
Di surga….
pak Kyai itu bertnya kepada malaikat… dia protes…
“Hai malaikat..!! kenapa Tuhan membiarkan saya mati tenggelam..?? bukankah saya sudah memohon pertolongan kpd Tuhan…??? Kenapa Tuhan tidak menolong saya wktu itu…??”
Malaikat itu tersenyum seraya mengejek…
“ha..ha..ha… kau, kyai yang tak mengerti… Kau tahu..?? sebenarnya betapa bodohnya kau!! Kau tak salah akan doamu meminta pertolongan kepada Tuhan..bahkan Tuhan sebenarnya telah mengabulkan doamu dengan 3 kali berturut – turut menyodorkan kepadamu pertolongan yg Tuhan berikan kpdmu melalui tim SAR…!! Tapi apa…?? Kau selalu menolak pertolongan tersebut!! Kau tak berfikir ternyata!! Itu salah kau!! Hingga akhirnya kau mati tenggelam..“
“tp malaikat… saya hanya ingin Tuhan yg menolong saya secara langsung…”
“Betapa beraninya kau mengatakan seperti itu..!! berarti kau selama ini tak mengenal Tuhanmu.. Tuhan tak mungkin menolongmu secara langsung dengan tanganNya sendiri…!! Tuhan sudah buktikan kebesaranNya untuk menolongmu dengan melalui perantara manusia.. namun kau menolaknya… dan itu telah menjadi urusanmu karena kau tak mau menerima pertolongan dari Tuhan..!!”
Akhirnya… sang Kyai itu menerima semuanya dengan sadar,, dan tak menyalahkan malaikat lagi…

……………………………………………….._______>>>>>……………………….

>>> sungguh cerita yang sangat fiktif,, namun … dapatkah Anda menyimpulkan apakah amanat dari cerita yg pernah saya dengar itu..??
Tepat sekali!!!
Dari cerita di atas… saya juga mendapatkan pelajaran yang sangat berarti…
Coba pikirkan,,sebenarnya kisah itu..seringkali terjadi pada kehidupan kita..
Kita sering berdoa kpd Allah untuk selalu diberikan petunjuk,,pertolongan,,namun sama halnya kita.. kita tak tahu bahwa apa yg kita hadapi ada salah satu yg merupakan suatu jawaban dr Allah, bahkan hal tersebut merupakan pertolongan dari Allah namun kita tak menyadarinya…
Bukan salah kita juga berdoa demikian… namun salah kita adalah sama dengan sang Kyai itu.. tak menyadari bahwa pertolongan Allah itu sebenarnya datang pada saat yg tepat.. namun kita justru menolaknya dengan penuh rasa ketidaksadaran kita… sangat menyesal dan disayangkan jika kita mengetahui hal itu….
Maka dr itu… mulai sekarang… belajarlah berpikir bahwa apa yg kita harapkan dr Allah,, pasti ada waktunya akan sungguh diberi oleh Allah..pada saat yang tepat..
Dan siapa tahu,, bagi Anda yg saat ini, siapapun Anda, bagaimana pun doa Anda, mungkin saja yang sedang Anda hadapi saat ini,barangkali merupakan jawaban dari doa Anda..
Dan,,mengharapkan doa kita dikabulkan.. maka yakinlah doa kita psti didengar dan pasti dikabulkan oleh Allah..
krn Allah juga pernah berfirman…jika kau(umatku) berdoa kepadaku, niscaya aku akan mengabulkannya…
wwweeiiizztt… apa itu namanya bukan janji Allah…??Tuhan kita..??
janji pacar aja kalian percaya … apa lagi janji Tuhan..?? tentu harus percaya…
tapi ingat… berdoa kpd Allah juga ada aturannya..?? ya harus dengan sungguh2,, harus dengan penuh rendah hati,, harus yakin dengan kebesaran Allah,, dan yg terpenting.. harus tetap tawakal…
…..
Namun ada kalanya… kita juga pernah merasakan… bahwa doa kita.. saat kita yakin akan dikabulkan… namun Allah tidak mengabulkannya… apa kita menganggap bahwa doa kita benar2 tidak dikabulkan..?? jangn berpikir demikian dulu…
Karena… tahukah Anda bagaimanakah sifat doa..?? yang pernah saya pelajari.. sifat doa itu ada 3…
Doa yg lgsung dikabulkan oleh Allah…
Jika tak dikabulkan pada saat waktu yg kita harapkan, maka Allah akan menunda mengabulkan doanya… menunda pada waktu yg lebih tepat tentunya…
Dan jika kita merasa Allah tak mengabulkan doa kita.. sebenarnya Allah tetap mengabulkan..namun Allah juga berhak mengganti permohonan dlm doa kita…karena sifat doa juga bisa diganti.. ,, misalnya,, saat kita berdoa untuk diberi rezeki yg banyak,, namun degan tidak kita sadari, walaupun rezeki kita pas-pasan namun ternyata kita diberi sehat terus sama Allah,, kerjaan kita lancar… nah itu artinya Allah telah mengganti doa kita…

Hhhuufftthh… udah cukup berbagi cerita dan sedikit ilmu yg saya pernah tau..
Semoga bisa diterima, direnungkan, dan bisa menjadi pelajaran serta nasihat hidup yg begitu berarti bagi kita semua…
Setelah kita tahu bagimana… semoga kita bisa menjadi orang yg lebih baik lagi.. terutama di mata Allah kita… aamiin…
so keep positive thinking......

0 komentar:

Posting Komentar