Dauztech.blogspot.com

DT

Minggu, 24 Februari 2013

Memilih Charger dan Powerbank Handphone


Kalo yang udah pernah belajar fisika tentang listrik...
Itu ada perhitungannya masbro n mbasist...
prinsip rumus P= V x I...
Daya(P) powerbank/charger itu harus lebih besar untuk memasok batre jika dia bersifat sebagai sumber power untuk charge...Dari potensial tinggi(Vtinggi) ke potensial rendah(Vrendah)..
Jadi voltase batre powerbank akan mengisi pada voltase batre HP sampai tegangan/voltase nya sama...

Yang tertera di batre saya  itu 3,7V, 1200mA, 4,44W...Artinya memiliki Voltase(V) 3,7volt, arus(I) 1200mA/1,2A, dan memiliki daya(P) 4,44W..


P=VxI   =3,7 x 1,2  = 4,44 Watt


tapi dalam keadaan normal pengisian harus 5V, knp bkn 3,7V menyamai batre saja,, knp??Ya, memang itu standard yang dilakukan perusahaan yg rata2 membuat charger hp dgn tegangan 5V untuk memasok power batre hp..Krn sifatnya jika kita kepepet ga bawa charger hp, kita masih bisa pinjem charger teman wlpun beda merk, asal lubang portnya sama... (itu salah satunya,, :D )

Sebenarnya memasok tegangan dari charger ke batre tetap 3,7V seperti yg tertera d btre hp,, prinsipnya dari tegangan 5V akan diregulasi kembali menjadi 3,7V dengan regulator yg ada d hp bawaan masing2 merk...

Jd pengisian daya dengan tegangan dibawah 5V jg boleh,, tp tdk boleh dibawah tegangan hpnya sendiri,ALHASIL justru kalo demikian tdk akan penuh2 batre hpnya dan mlh menguras daya pada hp kita nantinya...

tp tng aja,,, regulator hp di disain dengan pengaman dioda agar daya hanya bisa masuk, tidak keluar,,,, jadi batre hp kalian aman...

spesifikasi charger/powerbank hp harus memenuhi kriteria:
output voltage rate : 5V (ada pada semua jenis charger hp/ powerbank, jika lebih akan jebol regulator hpnya, dan udah pasti bisa ngrusak batre dan hpnya)
output current rate  : 0,5A atau lebih (biasanya ada pada semua jenis charger/powerbank karna sifatnya, arus mengisi sedikit demi sedikit  sampai penuh seperti yang tertera di setiap batre)
capasity current : terserah jenis powerbank mencantumkan berapa, mis 16000mA, 80000mA dll ( khusus untuk powerbank, karna untuk charger khn gda batasannya,, :D )


spesifikasi regulator hp saya kemungkinan:
input max voltage : 5V                 (tertera di output charger soalnya :P )
input max Current : 500mA/0,5A (tertera di output charger soalnya :P )
output max voltage : 3,7V (harus)
output max Current : dibawah 1200mA atau yg tertera di charger 0,5A (karna pengisian arus harus sedikit demi sedikit)


jadi kita harus tau spesifikasi power banknya...jagan asal murah meriahnya tok...
karna banyak yg jualan diluar sana dengn harga murah dengan hanya modal power 1 batre abc saja, alhasil batre handphone gak penuh penuh... jelas saja batre abc khn cuma 1,5 volt,, kpn mau penuhnya,, heheh :D

semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar